PEMUTIHAN TAGIHAN FIRST MEDIA 2018

First Media sebagai pelopor internet dan tv kabel di Indonesia dan sudah memiliki pelanggan aktif dan non aktif hingga jutaan nomor pelanggan, provider broadband internet ini tak luput memiliki masalah tagihan macet para pelanggannya. Ada banyak faktor yang membuat tagihan bulanan menjadi terhutang, namun ada 2 poin utama yang menjadikan pelanggan tanpa sadar telah memiliki tagihan terhutang pada billing base First Media. Dua faktor utama yang memiliki andil besar terhadap terjadinya tagihan macet First Media antara lain :

1. Putus tanpa konfirmasi dan tanpa menghubungi customer service
Beberapa pelanggan memutuskan untuk berhenti berlangganan sepihak tanpa terlebih dahulu menghubungi customer service First Media untuk mengajukan pemutusan layanan dan menghentikan billing tagihannya. Pelanggan berfikir dengan tidak membayar tagihan terakhir otomatis billing akan terhenti. Pelanggan lupa bahwa First Media memberikan toleransi keterlambatan hingga 1 bulan setelah jatuh tempo pembayaran berjalan yang artinya akan keluar tagihan baru di bulan berikutnya. Disinilah letak tagihan terhutang mulai tercatat di database First Media.

2. Pelanggan tidak jadi berlangganan setelah instalasi terpasang
Beberapa kasus munculnya tagihan First Media terhutang juga disebabkan pelanggan tidak jadi berlangganan dikarenakan beberapa hal, namun pelanggan tidak menyadari bahwa sejak terpasang instalasi First Media billing tagihan secara otomatis akan aktif. Hal ini mengakibatkan munculnya billing di database First Media.

Lalu apa dampaknya bagi pelanggan terhadap tagihan First Media terhutang ? Selain layanan terhenti, pelanggan juga tidak dapat request instalasi kembali sebelum segala tagihan yang muncul di database First Media terbayar. Ada juga yang berfikir mendaftar dengan data pelanggan yang berbeda agar lolos dari screening, dan itu juga tidak akan membantu karena First Media menginstal berdasarkan nomor Site Id.
Site Id adalah system penomoran rumah-rumah yang layak dan support untuk instal First Media. Setiap rumah yang dilalui jaringan First Media dan masuk kategori support akan memiliki nomor Site Id di database First Media. Untuk berlangganan First Media rumah atau bangunan harus sudah ada nomor Site Id, dan bila Site Id ini di buka di database First Media maka akan terlihat data dan history pelanggan. 
Setelah billing tercetak dan terhutang adalah kewajiban pelanggan untuk melunasi tagihan First Media. Pelanggan tidak dapat menikmati layanan First Media atau tidak dapat registrasi First Media lagi sebelum tagihan terakhir terbayar lunas. Beberapa kasus pelanggan enggan melunasi tagihan First Media dengan alasan yang beragam meski sebenarnya pelanggan ingin berlangganan kembali. Pertanyaannya, apakah pelanggan tidak akan bisa berlangganan selamanya sebelum melunasi tagihannya ?
Good Newsnya, pelanggan bisa kembali berlangganan tanpa melunasi tagihannya terlebih dahulu, dengan beberapa ketentuan sbb :

A. Minimal telah putus lebih dari 1 tahun
B. Tidak masuk kategori blacklist
C. Tidak terdeteksi berusaha ingin berlangganan dengan menghubungi CS atau sales centre

Good News berikutnya adalah pertanggal 9 Maret 2018 telah di mulai pemutihan secara bertahap untuk beberapa pelanggan yang beruntung mendapatkan pemutihan. Pemutihan ini bertahap hingga akhir bulan ini, dengan jumlah nomor pelanggan yang akan diputihkan hingga 60.000 nomor pelanggan terhutang. Proses pemutihan billing tagihan First Media terhutang hanya muncul 1 kali dalam 1 tahun.
Untuk diketahui, pemutihan Fisrt Media berlaku untuk pelanggan yang masuk kategori poin A, B dan C sebagaimana tersebut diatas. 
Dengan adanya pemutihan tagihan First Media, diharapkan pelanggan lebih tertib terhadap kewajibannya serta diharapkan tetap menghubungi customer service bila ada sesuatu terhadap layanan Fisrt Media. Apapun keluhannya dan apapun alasannya, untuk berhenti berlangganan pelanggan harus menghubungi First Media untuk request penghentian billing dan layanannya.

Bila anda ingin berlangganan namun sebelumnya ada tagihan terhutang, anda bisa hubungi nomor di bawah ini untuk info apakah nomor Site Id anda sudah termasuk yang di putihkan atau belum. Anda akan bisa langsung berlanggana bila status Site Id rumah anda sudah di write off (diputihkan)

#firstmedia #promofirstmedia

Untuk Cek Pemutihan Billing dan Daftar First Media bisa dengan metode dibawah ini ;

Chating langsung dengan mengklik ikon aplikasi dibawah ini

Atau telpon langsung Telkomsel atau XL dengan mengklik ikon dibawah ini




Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Chat Me Free

Untuk Daftar FirstMedia
dan Tanya Jawab
bisa dengan metode dibawah ini ;

Chating langsung dengan mengklik
ikon aplikasi dibawah ini


Telpon langsung Telkomsel atau XL
dengan mengklik ikon dibawah ini